Teknik Pembuatan Kerajinan Kulit Dan Contoh Produknya

Teknik Pembuatan Kerajinan Kulit Dan Contoh Produknya

Kerajinan merupakan salah satu karya seni yang proses pembuatannya menggunakan keterampilan tangan manusia. Kerajinan yang dibuat bertujuan untuk menghasilkan benda yang indah dan cantik dengan sentuhan nilai seni yang tinggi. Adapun salah satu bahan yang sering digunakan untuk membuat kerajinan adalah kulit. Disamping teknik pembuatan kerajinan kulit yang cukup gampang, bahan kulit juga mudah ditemukan di Indonesia.

Macam – Macam Jenis Kulit Untuk Kerajinan

1. Kulit Nabati

Kulit Nabati Vegetable Leather
Sumber Gambar : lam-brand.com

Jenis kulit pertama yang digunakan untuk membuat kerajinan adalah vegetable tanned leather atau sering disebut dengan kulit nabati. Berbeda dengan jenis kulit sintetis yang proses penyampulannya menggunakan bahan-bahan kimia. Kulit nabati adalah jenis kulit yang disampul atau dilapisi menggunakan ekstrak bahan-bahan alami yang berasal dari pepohonan. Kulit nabati juga memiliki warna yang sangat khas, yakni berwarna kecoklatan atau warna natural.

Seiring waktu karakter warna produk dari kulit nabati semakin kuat. Hal ini karena ekstrak nabati yang digunakan pada proses penyampulan memperkuat keunikan dari warna kulit tersebut. Meskipun lama-kelamaan mengalami perubahan, namun warna tersebut tidak terlihat kusam, melainkan menjadi semakin tegas.

2. Kulit Nubuck

Kulit Nubuck
Sumber Gambar : Ethanallen.com

Kulit nubuck merupakan salah satu jenis kulit yang terbuat dari bagian luar kulit sapi. Kulit yang berasal dari kata new anda buck ini memiliki teknik pembuatan kerajinan kulit yang mirip dengan kulit suede. Bedanya kulit suede adalah jenis kulit yang terbuat dari bagian dalam kulit sapi. Kulit nubuck termasuk dalam kategori kulit yang mahal karena kualitasnya premium.

Pada tahap akhir pengolahan terdapat proses pengamplasan atau pengolesan agar bagian teratas kulit hilang. Dengan begitu tekstur kulit menjadi lebih rata dan halus. Proses pengamplasan ini membutuhkan keterampilan yang tinggi agar hasilnya bagus. Semakin bagus prosesnya, maka semakin bagus pula kualitas kulit yang dihasilkan.

3. Kulit Nappa

Kulit Nappa Leather
Sumber Gambar : Foglizzo.com

Jenis kulit yang dapat dijadikan kerajinan selanjutnya adalah kulit nappa, yakni jenis kulit yang terbuat dari kulit kerbau muda atau domba. Meskipun hasil warna yang dihasilkan tergantung pada proses pewarnaan, namun kebanyakan kulit nappa memiliki warna krem kecoklatan. Kulit ini juga terkenal mudah retak dan pecah sehingga pengaplikasiannya hanya untuk produk-produk tertentu saja. Salah satunya adalah sebagai bahan pelapis pada bagian dalam sepatu.

4. Kulit Crazy Horse

Crazy Horse Leather
Sumber Gambar : allthewallets.com

Kini produk crazy horse juga semakin banyak dibuat oleh pengrajin di Indonesia. Jika dilihat kulit kuda gila ini jauh lebih terang dengan motif bervariasi dan terkesan vintage. Proses pembuatan kulit crazy horse dilakukan dengan tekanan dan temperatur yang tinggi serta ditambahkan wax. Meskipun kulit bernuansa vintage ini mudah tergores, tetapi goresan tersebut bisa dengan mudah hilang dengan hanya menggosoknya menggunakan tangan.

 5. Kulit Pull Up

Pull Up Leather
Sumber Gambar : fletcherhandmade.co.uk

Kulit pull up adalah salah satu jenis kulit yang paling banyak digunakan untuk memproduksi kerajinan. Karakteristik utama yang dimiliki oleh kulit ini adalah tersedia dalam warna yang banyak atau warna-warni. Kulit pull up memiliki sifat lentur dan mudah ditarik baik itu melahirkan atau direnggangkan. Selain memiliki warna yang banyak, kulit ini memiliki 2 tampilan seiring menuanya waktu yakni klasik dan vintage.

Teknik Pembuatan Kerajinan Kulit Beserta Produk Olahannya

Kelebihan dari bahan kulit memang sangatlah banyak, disamping lebih awet karena melalui proses penyamakan. Kerajinan yang terbuat dari bahan kulit juga sangat awet dan tahan lama jika dirawat dengan baik. Meskipun kini trend mode terus berganti, namun kerajinan berbahan kulit tetap selalu popular. Berikut 3 produk serta teknik dan proses pembuatan kerajinan kulit yang mudah:

1. Dompet Kulit

Jual Dompet Kulit rilmen

Dompet merupakan item wajib yang hampir semua orang membawanya saat bepergian. Baik laki-laki, perempuan, muda, tua bahkan anak-anak membutuhkan dompet untuk menyimpan uang. Salah satu jenis dompet yang saat ini digemari adalah dompet kulit. Warnanya yang natural dan terlihat keren membuat dompet kulit selalu laris manis di pasaran.

Berikut cara membuat dompet kulit :

  • Siapkan beberapa alat serta bahan yang dibutuhkan untuk membuat dompet. Seperti kulit, gunting, jarum, benang, lem dan lainnya.
  • Potong bahan kulit menjadi dua bagian, pertama bagian dalam dengan ukuran 29×10 cm dan bagian luar 31×10 cm.
  • Gambar garis pada kulit menggunakan penggaris untuk menentukan dimana letak lipatan kulit nantinya.Tandai menggunakan pensil lalu sayat-sayat agar lebih mudah dilipat.
  • Lipat kulit di bagian dalam hingga membentuk seperti buka yang bisa dibuka tutup. Lalu gambar garis di bagian tengahnya menggunakan kartu atau ktp.
  • Rekatkan bagian di antara titik lipat dengan garis yang telah di gambar, kemudian gambar garis lagi dan lubangi untuk membuat tempat kartu. Kemudian jahit dengan rapi.

2. Tas Kulit

Jual Tas Kulit Asli Garut

Anda juga bisa membelinya disini > Beli Tas Kulit Wanita 

Tas yang terbuat dari kulit memang jauh lebih tahan lama dibandingkan dengan tas yang terbuat dari bahan kain atau lainnya. Tas kulit memiliki sifat waterproof atau kedap air, sehingga jika terkena air tidak akan tembus sampai ke dalam tas. Selain itu tas kulit juga dijual dengan harga yang cukup mahal karena memiliki tekstur yang licin dan mengkilap. Berikut cara membuat tas dari bahan kulit:

  • Siapkan alat serta bahan yang diperlukan, lalu tentukan pola yang akan digunakan nantinya.
  • Letakkan pola di atas kulit kemudian potong mengikuti bentuk pola dengan rapi. Proses pemotongan pola ini berpengaruh pada hasil tas yang dihasilkan nantinya.
  • Setelah proses pemotongan selesai, maka dilanjutkan dengan menyatukan setiap sisi pola dengan cara menjahit.
  • Setelah tas terjahit dengan sempurna, lalu lakukan finishing agar tas terlihat lebih rapi dan cantik.

 3. Sabuk / Ikat Pinggang Kulit

Jual Sabuk Gesper Kulit rilmen

Sabuk  atau ikat pinggang adalah benda yang digunakan untuk melengkapi fashion sehari-hari. Selain digunakan sebagai aksesoris tambahan, sabuk juga berfungsi untuk mengencangkan celana yang kendur. Sehingga celana menjadi lebih pas dan nyaman saat digunakan. Berikut langkah-langkah membuat sabuk kulit:

  • Teknik pembuatan kerajinan kulit untuk sabuk yang pertama adalah dengan membuat dua pola dengan ukuran yang berbeda. Pola A dengan panjang 95 cm dan lebar 5 cm, serta pola B dengan panjang 90 cm dan lebar 3 cm.
  • Potong bahan kulit sesuai dengan pola A menggunakan gunting, lalu beri tanda garis dengan jarak 1 cm di bagian tepi kulit. Seset bagian yang sudah diberi tanda sesuai dengan ketebalan yang diinginkan.
  • Selanjutnya letakkan pola B ditengah kulit A dengan cara dijepit, lalu lipat sedikit demi sedikit dengan cara dipukul atau ditekan.
  • Setelah dilipat dengan sempurna kemudian lepaskan pola B dan potong menggunakan gunting.
  • Jahit lipatan dengan rapi kemudian pasang gesper di bagian salah satu ujung kulit, kemudian buatlah lubang sebagai penguncinya.
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments