Macam-Macam Produk Kerajinan Kulit Lengkap Dan Estimasi Harganya

Macam-Macam Produk Kerajinan Kulit Lengkap Dan Estimasi Harganya

Produk kerajinan kulit sekarang mulai banyak variasinya. Tak heran kalau semakin diminati oleh masyarakat. Motif yang unik membuat kerajinan ini terasa lebih eksklusif dan mewah. Dengan kesan mewah ini, anda harus membayar dengan harga yang cukup mahal. Tingginya harga kerajinan kulit disebabkan oleh mahalnya harga kulit mentah di pasaran, khususnya untuk hewan langka.

Jenis kerajinan kulit apa saja yang anda tahu? Mungkin hanya tas, sepatu, dan baju. Padahal sebenarnya kerajinan yang berasal dari kulit ini begitu banyak macamnya. Apa saja? Simak jawabannya dalam ulasan di bawah ini!

Contoh Produk Kerajinan Kulit dan Harganya

Indonesia sebagai negara seni memiliki banyak sekali jenis kerajinan kulit yang berbahan dasar kulit. Berikut kami telah merangkum beberapa kerajinan kulit yang cukup familiar di masyarakat : 

1. Tas Kulit

Jual Tas Kulit Asli Garut

Apabila ditanya mengenai apa produk yang berbahan dasar tas ? Tentu jawaban paling umum adalah tas. Memang benar! Saat ini banyak sekali tas berbahan kulit yang beredar di pasaran. Selain lebih awet, tas kulit ini juga dinilai lebih unik dan beda dari yang lain.

Kulit yang digunakan untuk bahan dasar tas ini cukup beragam dan tergantung kebutuhan. Contohnya saja kulit sapi, kulit buaya, kulit ular, kulit macan, dan masih banyak lagi.

Harganya pun juga tergantung dari jenis kulit yang digunakan. Semakin mahal harga kulit mentahnya, maka semakin mahal pula tas tersebut. Contohnya tas yang berbahan dasar  kulit buaya dibandrol harga hingga puluhan bahkan ratusan juta.

2. Sandal Dan Sepatu Kulit

Sepatu Kulit Wanita Tutong Pitapi

Memang saat ini banyak perajin yang beralih ke bahan sintetis untuk pembuatan sepatu ini. Tetapi sepatu yang berbahan kulit hewan asli ini lebih banyak diminati, khususnya bagi kolektor kerajinan kulit. Berbeda dengan produk tas yang bisa dibuat dari kulit apa saja, sepatu memerlukan bahan yang kuat dan tebal.

Jenis kulit yang biasa digunakan sebagai bahan sepatu kulit adalah kulit sapi, kulit kambing, kulit buaya, dan kulit domba. Keempat kulit tersebut memang dikenal memiliki elastisitas tinggi dan cukup tebal sehingga sangat cocok untuk bahan sepatu.

Harga untuk sepatu dan sandal kulit cukup bervariasi. Harga sandal kulit asli biasanya dibandrol Rp. 80.000 – 300.000 sedangkan Sepatu yang berasal dari kulit asli biasanya dibandrol harga Rp. 100.000 – 400.000. Bahkan untuk sepatu kulit dengan brand terkenal harganya bisa tembus jutaan hingga puluhan juta rupiah.

3. Dompet Kulit

Jual Dompet Kulit

Satu lagi produk fashion yang menggunakan kulit hewan sebagai bahan dasarnya yaitu dompet. Sama dengan sepatu, sebenarnya saat ini banyak jenis kulit sintetis yang bisa menjadi alternatif pembuatan dompet. Namun dompet kulit asli tetap memiliki tempat tersendiri bagi pecinta fashion.

Dibandingkan dengan jenis kerajinan lain, dompet memiliki bahan dasar kulit yang lebih eksklusif. Kulit yang biasanya digunakan adalah kulit buaya, kulit ular, dan kulit macan. Seperti yang kita ketahui bahwa ketiga jenis kulit tersebut berada pada puncak jenis kulit termahal.

Dengan bahan mentah yang tinggi, tak heran dompet kulit ini memiliki harga fantastis. Dompet kulit yang dikeluarkan oleh brand ternama memiliki harga berkisar antara Rp 20.000.000 – 35.000.000.

4. Jaket Kulit

Bagi anda yang menyukai gaya retro dan elegan, pasti memiliki koleksi jaket kulit di lemarinya. Bahkan di era 90-an jaket kulit ini menjadi tren fashion yang sangat terkenal. Namun jaket kulit yang beredar di pasaran saat ini lebih banyak berasal dari kulit sintetis.

Pasalnya jaket kulit sintetis memiliki harga yang lebih bisa dijangkau pecinta fashion. Meskipun demikian jaket kulit dari hewan asli tetap diproduksi hingga saat ini. Karena akan dikenakan tentunya bahan kulit yang digunakan juga harus lembut dan nyaman. Kulit hewan yang cocok untuk jaket kulit antara lain kulit sapi, kulit kambing, dan kulit domba.

Harga jaket kulit hewan asli ini berkisar antara Rp 250.000 – 300.000 per pcsnya.

5. Bedug Kulit

Bedug Kulit
Sumber Gambar : Merdeka.com

Ketika bertandang ke masjid, tentu anda pernah menyaksikan bedug yang berbahan dasar kulit. Selain menambah estetika, bedug kulit juga dinilai lebih nyaring ketika dipukul. Jenis kulit yang digunakan untuk bedug ini biasanya adalah kulit kambing, kulit sapi, dan kulit domba.

Untuk harganya sendiri tergantung dari ukuran bedug yang diinginkan. Bedug dengan ukuran besar yang berbahan dasar kulit sapi dibandrol harga sebesar Rp 200.000 – 250.000.

6. Ikat Pinggang

Jual Sabuk Gesper Kulit rilmen

Kembali ke dunia fashion, ikat pinggang juga menjadi produk kesenian yang bisa menggunakan kulit sebagai bahan dasarnya. Meskipun memiliki ukuran mungil, namun jangan salah harga ikat pinggang bisa tembus puluhan juta. Khususnya yang dikeluarkan oleh brand ternama.

Jenis kulit yang bisa diolah menjadi ikat pinggang pun cukup beragam. Namun yang paling banyak dipilih adalah jenis kulit eksklusif seperti kulit buaya, kulit macan, dan kulit ular. Dengan ini tentunya anda sudah bisa menebak harga ikat pinggang ini. Siapkan kocek Rp 15.000.000 – 25.000.000 untuk memiliki ikat pinggang berbahan dasar kulit premium ini.

7. Wayang Kulit

Wayang Kulit
Sumber Gambar : Wikipedia.org

Tidak hanya dari dunia fashion, kesenian tradisional indonesia pun juga ada yang menggunakan kulit hewan sebagai bahan dasarnya. Ya wayang kulit, kesenian tradisional dari tanah jawa ini juga memanfaatkan kulit hewan. Tujuan penggunaan kulit hewan dalam pembuatan wayang yaitu untuk menambah nilai otentik dan estetiknya.

Dalam pemilihan jenis kulit untuk wayang tidak bisa sembarangan. Pasalnya tidak semua jenis kulit cocok untuk diolah menjadi produk kesenian legendaries ini. jenis kulit yang cocok untuk dibuat menjadi wayang kulit adalah kulit kerbau.

Mengapa harus kulit kerbau? Karena  kulit hewan yang satu ini memiliki karakteristik yang kuat, tebal, dan elastisitas yang sedang. Proses pengolahannya pun cukup rumit dan panjang untuk bisa menghasilkan lembaran kulit kerbau untuk bahan wayang.

Dengan proses yang cukup panjang tersebut, satu buah wayang dihargai sebesar Rp 1.500.000 – 2.000.000.

Tips Mengetahui Keaslian Produk Kerajinan Kulit

Saat ini banyak sekali penjual culas yang menjual produk kerajinan dari sintetis namun diakui sebagai kerajinan kulit asli. Oleh karena itu, anda harus pintar dan jeli dalam memilihnya. Berikut beberapa tips agar anda tidak tertipu oleh seller nakal yang menjual produk imitasi !

1. Tes Menggunakan Air

Kulit hewan memiliki karakteristik yang sama dengan kulit manusia. Salah satu sifatnya yaitu mampu menyerap air. Untuk membedakan produk kulit asli dan imitasi, anda bisa mengujinya dengan air. Coba tuangkan sedikit air pada permukaan kerajinan kulit. Apabila air terserap, itu berarti produk tersebut asli.

2. Tes Menggunakan Api

Selain air, api juga bisa dijadikan alat untuk mengetes keaslian kerajinan kulit. Caranya cukup mudah, anda tinggal menempatkan api pada permukaan kerajinan selama 5-10 detik. Dengan cara ini kulit yang berbahan dasar sintetis akan terbakar seluruhnya karena terbuat dari plastik. Sedangkan kerajinan kulit asli hanya akan terbakar sedikit saja.

3. Cium Aroma Produk

Meskipun diolah sedemikian rupa tetapi kulit hewan tetap akan mengeluarkan bau khasnya. Untuk itu, anda bisa mencium aroma produk tersebut untuk menguji keasliannya.

Nah, itulah ulasan lengkap mengenai macam-macam produk kerajinan kulit. Jika Anda ingin membeli aneka macam produk kerajinan kulit, Anda bisa membelinya di darikulit.com. Darikulit.com Menyediakan berbagai macam produk kerajinan kulit asli dan berkualitas premium dan melayani pengiriman seluruh wilayah di Indonesia

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
×

Daftar Isi