Ketahui Manfaat Serat Bulu Domba Yang Belum Banyak Orang Tahu

Ketahui Manfaat Serat Bulu Domba Yang Belum Banyak Orang Tahu

Banyak orang yang belum tahu manfaat serat bulu domba. Sebelum mengetahui apa saja manfaat dari serat bulu domba, yuk kita kenali fakta mengenai domba terlebih dahulu. 

Fakta Tentang Domba Yang Harus Kamu Tahu

Domba banyak dijadikan hewan ternak di berbagai negara titik salah satu negara dengan peternakan domba terbesar berada di Australia, India, dan Tiongkok. 

Beberapa negara terdiri atas mengetahui apabila domba memiliki keistimewaan khusus dan dapat menghasilkan keuntungan apabila dijadikan peluang usaha. selain berpotensi menghasilkan keuntungan yang besar berikut ini 5 fakta yang ada pada bulu domba yang telah menjadikan banyak orang yang membuat peternakan domba.

1. Domba Mempunyai Penglihatan Yang Tajam

Ternyata kemampuan melihat jarak jauh pada hewan tidak hanya dimiliki oleh hewan karnivora saja. Domba menjadi salah satu hewan kategori herbivora yang yang memiliki penglihatan tajam. Tidak menyangka bukan? Jika ternyata domba mempunyai kemampuan penglihatan yang di atas rata-rata. 

Kemampuan melihat dan yang tajam pada domba disebabkan karena domba memiliki pupil persegi panjang. Pupil persegi panjang dapat membuat luas penglihatan domba mencapai 270 hingga 320 derajat. 

Penglihatan domba ini lebih besar dibandingkan dengan penglihatan manusia yang hanya 155 derajat saja.  Kemampuan melihat ini sangat bermanfaat bagi domba untuk menghindari hewan pemangsa. 

2. Domba Akan Sering Terjatuh Ketika Sedang Hamil

Saat sedang hamil domba akan mengalami kenaikan berat badan. Saat praktek yang diwarnai lomba cenderung tidak bisa menjaga keseimbangan badan. Akibatnya domba akan sering jatuh dan sulit untuk berdiri kembali. 

Berbeda dengan hewan lainnya yang dapat menguasai diri sendiri saat terjatuh domba memerlukan bantuan orang lain untuk berdiri. Dalam kondisi terjatuh pemilik domba harus sigap membantu untuk berdiri kembali. 

Jangan biarkan domba terjadi terlalu lama karena akan menyebabkan ketakutan pada domba. Selain ketakutan bahkan domba dapat mengalami stres apabila sering terjatuh dan tidak segera berdiri kembali. 

3. Domba Memiliki Daya Ingat Yang Sangat Baik

banyak penelitian menunjukkan apabila domba memiliki ingatan yang hampir sama dengan manusia. Domba dapat mengingat setidaknya 50 domba lain termasuk manusia yang yang pernah domba lihat selama bertahun-tahun. 

Kemampuan luar biasa yang dimiliki domba dalam mengingat dikarenakan domba menggunakan proses saraf yang persis dengan manusia saat mengingat. 

4. Domba Dapat Mandiri Saat Terkena Penyakit

Pada umumnya hewan yang terkena penyakit dan tidak terdeteksi oleh pemilik lama-kelamaan akan meninggal. Beda hal dengan domba yang mampu menyembuhkan diri sendiri saat terserang penyakit. 

Dalam banyak kasus domba tidak memerlukan perawatan atau pengobatan khusus saat sedang sakit. Penyembuhan diri saat domba terserang penyakit dilakukan melalui tanaman yang dimakan oleh domba. 

Dilansir dari idn times.com domba dapat memilah sendiri tumbuhan yang bermanfaat untuk pemulihan diri saat domba sedang sakit. 

5. Domba Senang Hidup Berkelompok Daripada Hidup Sendiri

Instagram domba untuk hidup berkelompok memang sudah mutlak dilakukan. Domba akan lebih nyaman hidup berkelompok dibandingkan dengan hidup sendiri. bahkan beberapa domba akan merasa gelisah apabila terpisah dari kawanan domba saat mencari makan.

Manfaat Serat Bulu Domba

Setelah mengetahui 5 fakta unik tentang domba selanjutnya mari kita mengetahui tentang manfaat serat bulu domba untuk kehidupan sehari-hari manusia.

1. Sebagai Bahan Pembuatan Pakaian

Pakaian Serat Bulu Domba
Sumber Gambar : Dictio.id

Manfaat serat bulu domba yang paling populer yaitu sebagai bahan membuat pakaian. Pakaian yang dibuat dari serat bulu domba memiliki ketebalan yang lebih bagus dibandingkan dengan serat dari kain lainnya. 

Penggunaan serat gombal sebagai pakaian lebih dulu digunakan di beberapa negara dengan musim dingin. Serat domba diubah menjadi jaket atau pakaian tebal lainnya yang dapat menambah kehangatan saat musim dingin. 

Keramik ketebalan dan kehangatan yang tahan lama harga dari jaket atau pakaian yang terbuat dari serat bulu domba jauh lebih mahal jika dibandingkan kan dengan pakaian jenis lainnya.

2. Serat Bulu Domba Dapat Diubah Menjadi Karpet

Karpet Bulu Domba

Selain diubah menjadi pakaian manfaat serat bulu domba juga dapat digunakan sebagai bahan pembuatan karpet. Mengubah serat bulu domba menjadi karpet tidak begitu sulit. Cukup mencuci bulu domba dengan cairan desinfektan lalu direndam menggunakan air sabun.

Setelah bulu domba bersih belum makan dipilin menjadi serat yang nantinya menjadi bahan untuk pembuatan karpet. Sayangnya untuk mendapatkan karpet dengan kualitas bagus diperlukan dasar khusus yang diimpor dari luar negeri agar benang dapat dibentuk dengan rapi. 

3. Serat Bulu Domba Sebagai Bahan Pembuatan Sandal

Sandal Bulu Domba

Siapa sangka jika serat bulu domba dapat digunakan untuk pembuatan sandal? selain unik Anda pasti penasaran bukan bagaimana rasanya berjalan dengan alas kaki yang terbuat dari serat bulu domba.

Di luar negeri serat bulu domba juga diubah menjadi sandal mengingat kaki menjadi bagian tubuh yang lebih dulu dingin selain badan. di luar negeri bahkan sandal dari serat bulu domba tidaknya digunakan di musim dingin saja melainkan saat musim panas. Alasannya karena sandal yang terbuat dari serat bulu domba lebih minim iritasi pada kulit.

4. Serat Bulu Domba Lebih Efektif Menghangatkan Tubuh Manusia 

Jaket Kulit Domba

Dibandingkan dengan penggunaan api unggun ternyata serat bulu domba dapat menghangatkan tubuh manusia lebih baik. Hal ini dikarenakan serat bulu domba tidak mudah terpengaruh oleh suhu yang berada di sekitar. 

Selain itu, pakaian yang dibuat dari serat bulu domba tidak mudah menjadikan suhu tubuh menjadi lebih panas meskipun di musim yang tidak dingin sekalipun. 

5. Serat Bulu Domba Dapat Mengobati Ruam Kulit

Serat Bulu Domba Dapat Mengobati Ruam Kulit

Manfaat serat bulu domba yang mengejutkan lainnya yaitu digunakan sebagai obat anti ruam pada kulit. Serat bulu domba dapat menjadi penawar ruam pada kulit karena mempunyai kandungan lanolin. 

Salah satu manfaat lanolin yaitu mengatasi ruam pada puting susu ibu menyusui. Saat hal ini terjadi Anda dapat menggunakan produk dengan kandungan lanolin agar iritasi pada puting susu mereda. 

6. Serat Bulu Domba Mengandung Senyawa Yang Bagus Untuk Kesehatan

Serat Bulu Domba Mengandung Senyawa Yang Bagus Untuk Kesehatan

Serat bulu domba dapat mengobati ruam kulit juga dapat dimanfaatkan untuk kesehatan. Selain dapat mempertahankan suhu dalam keadaan normal serat bulu domba diyakini dapat meningkatkan sirkulasi darah. 

Selain itu, serat bulu domba yang diubah menjadi pakaian dapat menjadi filter bakteri yang rawan menempel pada pakaian. Ketahanan serat bulu domba terhadap bakteri dapat mencegah manusia untuk jatuh sakit. 

manfaat serat bulu domba untuk kesehatan lainnya adalah dapat meringankan gejala nyeri pada tubuh. Beberapa peneliti menjelaskan jika pada serat bulu domba mengandung spiral 3 dimensi. Spiral tiga dimensi dapat berfungsi layaknya pegas mini yang efektif dijadikan bantalan pada tubuh yang mengalami nyeri pada tubuh atau sendi.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments