Merawat Jaket Dengan Lotion Yang Cocok Untuk Jaket Kulit

Merawat Jaket Dengan Lotion Yang Cocok Untuk Jaket Kulit

Memiliki produk dari kulit asli memang menambah kepercayaan diri. Selain harganya yang mahal, bahan kulit juga terlihat mentereng. Tetapi agar tetap awet, bahan kulit harus dirawat. Salah satunya dengan lotion yang cocok untuk jaket kulit, sofa, tas atau produk apapun yang berbahan kulit asli.

Pembersihan, perawatan dan penyimpanan yang benar merupakan kunci sebuah produk bisa awet dan tahan lama. Barang yang bagus memang harus diperlakukan dengan spesial dan telaten. Tidak harus dengan perawatan yang mahal, asalkan sesuai dengan karakteristik bahan serta teratur digunakan, maka barang fashion dari kulit milik Anda pasti akan selalu terlihat bagus.

Produk Perawatan dan Lotion yang Cocok Untuk Jaket Kulit

1. Larutan cuka

Larutan cuka

Salah satu tantangan memiliki produk kulit adalah tumbuhnya jamur. Jika produk fashion yang Anda miliki terlanjur ditumbuhi jamur, maka salah satu cara yang dapat digunakan adalah dengan menggunakan larutan cuka.

Takaran yang sesuai adalah mencampurkan air dengan cuka dalam rasio 1:1. Cara pengaplikasiannya juga cukup mudah. Anda hanya perlu mengambil lap bersih yang lembut kemudian celupkan ke dalam larutan cuka. Kemudian, oleskan lap basah tersebut pada bagian jaket yang berjamur. Setelah itu, gantung jaket pada tempat yang teduh dan terbuka untuk mengeringkannya. 

Larutan cuka cukup efektif untuk menangkal jamur karena dapat merusak viabilitas spora. Jangan mengeruk jamur karena dapat menimbulkan serbuk, apalagi meniup serbuk tersebut. Karena serbuk jamur tersebut dapat terbawa udara dan tumbuh di tempat lain yang lembab. 

2. Lotion Khusus Kulit

Lotion Khusus Kulit Leather Lotion

Ada banyak produk lotion khusus kulit yang beredar di pasaran. Kandungan dari produk-produk tersebut pun juga berbeda-beda. Ada yang mengandung silikon, minyak dan lain sebagainya. Lotion khusus kulit olahan ini tent berbeda dengan lotion untuk kulit manusia walaupun tekstur dan kandungannya serupa.

Aplikasikan lotion khusus ini sebanyak minimal satu kali dalam satu bulan. Gunakan lebih sering jika jaket atau produk fashion lainnya setelah dipakai ke luar ruangan. Tujuan dari penggunaan lotion ini adalah agar kulit tetap lentur serta menghilangkan kotoran yang dapat merusak permukaan kulit.

Kulit yang keras akan memudahkannya menjadi retak sehingga tidak sedap dipandang mata. Selain itu, kandungan lotion juga dapat membuat tampilan kulit menjadi mengkilap. Namun pastikan Anda menggunakan produk yang berkualitas agar tidak merusak permukaan kulit jaket kesayangan Anda. 

3. Baby Oil

Baby Oil

Pada umumnya, bayi sering diberikan baby oil. Tujuan dari penggunaan ini adalah agar kulit bayi tetap senantiasa lembut sehingga tidak mudah iritasi. Pada dasarnya, kulit binatang pun juga hampir sama dengan kulit manusia sehingga membutuhkan perlakuan khusus.

Karena kandungan baby oil aman digunakan untuk kulit manusia, terutama bayi, maka minyak bayi ini juga dapat diaplikasikan kepada jaket kulit. Oleskan baby oil secukupnya pada permukaan jaket untuk membuatnya tetap lentur dan mengkilat. Aroma baby oil yang ringan juga tidak akan berpengaruh banyak pada produk kulit.

4. Minyak Zaitun

Minyak Zaitun

Minyak zaitun juga dapat digunakan untuk melenturkan kulit olahan. Kelebihan dari minyak adalah dapat membuat kulit menjadi lentur tetapi tidak mendatangkan jamur. Hal ini dikarenakan minyak hanya memiliki sedikit kandungan air sehingga tidak akan membuat kulit menjadi lembab.

Walau demikian, minyak zaitun memiliki aroma yang cukup tajam. Maka Anda harus mengoleskannya secara wajar saja dengan porsi yang cukup. Pengaplikasian minyak zaitun ini bisa dilakukan minimal satu bulan sekali laiknya pemberian lotion pada umumnya.

5. Sabun Pembersih

Sabun Pembersih

Selain jamur, jaket kulit juga rentan terhadap noda, bisa karena debu, percikan air kotor dan lain sebagainya. Salah satu cara yang ampuh untuk menghilangkannya adalah dengan menggunakan sabun pembersih.

Larutan sabun ini sangat efektif untuk noda terutama yang berlemak. Caranya mudah, cukup larutkan sabun pembersih dengan pH yang lembut kemudian basahkan lap dengan larutan tersebut. Oleskan lap pada bagian jaket yang terkena noda. Keringkan dengan cara diangin-anginkan. 

6. Micellar Water

Micellar Water

Tidak banyak yang mengetahui bahwa micellar water pun ampuh untuk menghilangkan noda pada jaket kulit, terutama yang berbahan suede. Kandungan micellar water yang ringan dan dapat mengangkat kotoran aman digunakan untuk jaket kulit tanpa mengubah warna ataupun teksturnya.

Cara pengaplikasiannya pun sama seperti saat menggunakannya untuk membersihkan wajah. Cukup tuang micellar water ke atas lap bersih kemudian oleskan pada bagian jaket yang akan dibersihkan. Tunggu hingga kering sebelum dimasukkan ke dalam lemari.

7. Vaseline

Vaseline

Cara terakhir ini adalah cara yang paling sering digunakan para pemilik jaket kulit. Hal ini karena produk yang mengandung vaselin sudah lama direkomendasikan untuk produk kulit dan sejenisnya. Kandungan minyak serta pelumas yang ada di dalam vaselin mampu melenturkan jaket kulit sekaligus menghilangkan noda yang ada di atasnya.

Cukup ambil vaselin sebanyak yang diperlukan kemudian oleskan pada permukaan jaket kulit dan ratakan. Kemudian hilangkan sisa kelebihan vaselin dengan menggunakan lap kering yang lembut. Cara ini dapat membantu jaket Anda menjadi lebih awet dan tahan lama.

Cara Merawat Jaket Kulit

1. Hindari Kelembaban

Hindari Kelembaban

Seperti yang sudah dibahas di atas, produk dari kulit sangat rentan terhadap jamur. Sedangkan jamur sangat mudah tumbuh di area yang lembab. Maka jika ingin menyimpan jaket, usahakan menyimpannya di tempat kering.

Selain itu, setelah apabila jaket masih cukup basah, misalnya karena keringat atau terkena cipratan air, keringkan terlebih dahulu. Cara mengeringkannya adalah dengan diangin-anginkan. Jika sudah kering, jaket baru bisa disimpan.

2. Rajin Dibersihkan

Rajin Dibersihkan

Meskipun tidak digunakan, jaket kulit harus tetap dirawat dan dibersihkan. Hal ini untuk menjaga kelenturan kulit sehingga tidak mudah retak. Caranya adalah dengan menggunakan lotion yang cocok untuk jaket kulit atau produk lain yang sejenis.

Minimal satu kali dalam satu bulan, Anda harus membersihkan dan mengoleskan lotion pada permukaan jaket. Pilihlah produk yang sesuai dengan jenis kulit yang menjadi bahan utama jaket Anda.

3. Simpan Tersendiri

Simpan Tersendiri

Jika ingin menyimpan jaket, jangan lakukan dengan posisi terlipat. Jaket lebih baik disimpan pada posisi digantung agar tidak mengubah bentuk dan tekstur kulit. Selain itu, pisahkan jaket dari produk fashion lain yang memiliki aroma tajam karena akan mempengaruhi aroma jaket kulit.

Agar aman dari gesekan, Anda dapat menggunakan plastik yang umum digunakan untuk jas saat akan menyimpan jaket kulit. Angin-anginkan jaket secara berkala. Tujuan dari proses mengangin-anginkan ini adalah agar jaket tidak apek dan mencegah tumbuhnya jamur. Namun jangan mengangin-anginkan di bawah matahari langsung karena akan merusak tekstur kulit.

Selain menggunakan lotion yang cocok untuk jaket kulit, ternyata beberapa bahan yang ada di sekitar kita pun dapat digunakan dengan mudah. Sebelum mengaplikasikan bahan-bahan tersebut, ada baiknya Anda mengenali karakteristik bahan kulit yang Anda miliki serta kebutuhan yang harus dipenuhi.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments