Mengenal Kulit Pull Up dan Kelebihannya

Mengenal Kulit Pull Up dan Kelebihannya

Siapa bilang produk dengan bahan kulit tidak dapat tampil menarik? Walaupun menggunakan bahan kulit, produk fashion Anda masih tetap bisa tampil dengan warna-warna cantik dan desain yang keren. Kulit pull up adalah bahan yang cocok untuk dijadikan pilihan.

Kulit pull up adalah bagian dari corrected top grain yang membutuhkan penambahan minyak dan parafin ketika proses penyamakannya. Hal inilah yang membuat tampilan kulit jenis ini dapat mengkilap.

Proses Pembuatan Kulit Pull Up

Kulit pull up merupakan salah satu jenis kulit dari kategori corrected top grain. Jadi kualitas kulit pull up masuk ke dalam kulit asli yang memerlukan proses lanjutan untuk menutupi cacat atau noda yang terdapat pada kulit.

Karena merupakan bagian dari top grain atau full grain, maka kulit pull up juga memiliki kualitas yang baik. Seperti yang sudah dibahas di atas, kulit pull up memiliki tampilan yang mengkilap. Hal ini dikarenakan pada proses pembuatannya terdapat proses penambahan minyak dan lilin.

Kulit jenis ini lentur karena terjadi proses penarikan ketika penyamakan. Tingkat kelenturan kulit pull up sangat beragam, tergantung dari permintaan pembeli. Proses penarikan inilah yang kemudian membuat jenis kulit ini disebut dengan pull up.

Keunggulan Kulit Pull Up Adalah

1. Tekstur

Tekstur Kulit Pull Up

Banyak pengrajin yang memilih menggunakan bahan pull up untuk bahan baku pembuatan produk fashion. Hal ini karena karakteristik kulit pull up yang lembut dan lentur sehingga mudah dibentuk sesuai dengan desain yang diinginkan. 

Ketebalan maksimal kulit pull up umumnya adalah 2 mm. Dengan ketebalan ini, bahan pull up masih memiliki kelenturan yang maksimal sehingga nyaman untuk digunakan. Selain itu, kulit pull up merupakan jenis kulit yang paling cepat menghasilkan patina. Itulah sebabnya kulit ini banyak diburu para pecinta fashion karena keindahan patina yang dihasilkan.

2. Tampilan Akhir

Pola Tekstur Jaket Kulit

Penambahan minyak dan parafin pada kulit pull up membuat tampilan akhir yang licin serta elegan. Jika diregangkan, maka bagian yang tertarik tersebut akan berwarna lebih terang dibandingkan dengan sekelilingnya. Hal ini karena minyak menyebar ke daerah yang tidak diregangkan.

Selain itu, karena karakteristik kulit yang bermacam-macam, maka ketika menambahkan minyak dan parafin pun penyerapannya akan berbeda. Hal ini menyebabkan pewarnaan pada permukaan kulit tidak akan sama rata. Namun justru hal inilah yang menjadi keistimewaan dari kulit pull up.

Keistimewaan lain dari kulit pull up adalah semakin sering bagian bahan terkena panas tubuh, maka area tersebut akan semakin gelap. Hal ini dikarenakan lapisan lilin yang ada di area tersebut menjadi terkikis dan menunjukkan warna asli dari kulit.

Jenis kulit pull up memang mudah tergores. Namun Anda tidak perlu kuatir. Umumnya dengan menyentuhkan jari Anda di bagian yang tergores serta menggosoknya perlahan, goresan tersebut akan memudar. 

3. Cara Perawatan

Cara Perawatan Kulit Pull Up

Kandungan minyak di dalam bahan kulit pull up cukup banyak. Penambahan tersebut berguna untuk membuat kulit menjadi licin dan lentur. Selain itu, karena kandungan minyak ini pula material asing dari luar cukup sulit menembus untuk bisa menimbulkan kontaminasi.

Jadi debu, panas bahkan air cukup sukar menembus kulit pull up. Hal ini merupakan kelebihan dari kulit jenis ini. Namun, walau demikian, tetap usahakan untuk terhindar dari paparan panas dan air dalam waktu lama. Panas dapat membuat warna kulit pull up memudar dan air dapat menyebabkan lembab dan jamur. 

Karena kandungan minyak ini pula, Anda tidak perlu terlalu sering membersihkan produk dari kulit pull up. Perawatan yang diperlukan hanyalah penambahan minyak. Anda dapat menggunakan minyak zaitun, vaseline atau produk khusus untuk produk kulit sebanyak 1-2 kali saja setiap tahunnya. Caranya juga cukup mudah. Tuang minyak secukupnya pada permukaan tas kemudian usap ke seluruh bagian tas menggunakan lap lembut yang kering.

Jika sudah, Anda dapat menyimpannya di tempat yang teduh. Jika tas tidak digunakan dalam waktu yang cukup lama, keluarkan tas sebentar untuk dianginkan. Baru kemudian simpan kembali di tempat semula. 

4. Warna

Kulit Finish Leather (Full Grain)

Selain karena keindahan patina alami yang akan muncul seiring dengan berjalannya waktu, ada kelebihan lain yang dimiliki kulit pull up. Dengan menggunakan kulit pull up, seseorang bisa berkreasi bukan hanya dengan desain tetapi juga dengan warna.

Dalam proses pembuatannya, bukan hanya minyak dan parafin yang ditambahkan tetapi juga warna. Maka tidak heran jika kulit jenis ini bisa memiliki warna yang beragam, mulai dari yang cerah hingga gelap. Bahkan penambahan warna ini sangat fleksibel, tergantung dari permintaan Anda. Tekstur pull up yang indah ditambah warna yang menawan tentu akan menghasilkan sebuah karya seni yang mahal. 

5. Ketahanan

Ketahanan Kulit Pull Up

Seperti yang disinggung sebelumnya, kandungan minyak dalam kulit pull up membuatnya tahan terhadap cuaca, debu dan air. Tentu saja hal ini membuat produk yang menggunakan kulit pull up dapat awet dan tahan lama. 

Begitu pula dengan goresan, Anda hanya perlu mengusapnya dengan jari atau menambahkan minyak ke atasnya dan goresan tersebut akan hilang. Jika ada kekurangan, salah satunya mungkin adalah warna yang berubah seiring dengan waktu. Akan ada bauran warna yang tidak sama di beberapa permukaan produk karena banyak hal, misalnya panas tubuh atau sinar matahari. Namun, bagi sebagian orang, perubahan warna ini justru menjadi daya tarik. Sehingga warna yang berubah tidak menjadi masalah asalkan produk masih dapat digunakan. 

6. Harga

Harga Kulit Pull Up

Kulit pull up berbeda dengan kulit PU walaupun secara sekilas tampilan keduanya terlihat sama. PU leather adalah kulit imitasi sehingga harganya murah. Selain itu kulit PU juga lebih kaku dibandingkan dengan kulit pull up.

Dari penjelasan tersebut kita dapat mengambil kesimpulan bahwa kulit pull up lebih mahal daripada kulit PU, maupun kulit nabati. Hal ini dikarenakan pull up berasal dari kulit full grain yang berasal dari bagian atas kulit binatang. 

Umumnya harga yang ditawarkan untuk tiap kulit pull up dengan panjang 28 x 28 cm dan ketebalan 1 mm adalah 24 ribu per square feet. Hal ini tentu bisa berbeda tergantung dari pengrajin. Selain itu, jika Anda menginginkan ketebalan, lebar dan panjang kain maupun warna yang berbeda, maka harga pun akan berbeda. 

Selain itu, jenis binatang yang digunakan juga membedakan harga jual kulit pull up. Kulit domba umumnya lebih mahal dibandingkan dengan kulit sapi. Demikian pula jika Anda menggunakan kulit bison atau rusa. 

Kulit pull up adalah salah satu jenis kulit yang paling banyak digunakan untuk produk fashion. Hal ini dikarenakan ada banyak keunggulan yang dimiliki bahan kulit ini dibandingkan dengan yang lainnya. Perawatan dari jenis kulit ini juga cenderung lebih mudah. Hal itulah yang membuat kulit pull up sangat gampang ditemukan di pasaran.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments