Cara Membedakan Ciri Jaket Kulit Domba Asli dengan Imitasi

Cara Membedakan Ciri Jaket Kulit Domba Asli dengan Imitasi

Bagi penyuka produk fashion berbahan kulit, pasti tidak sulit melihat ciri jaket kulit domba asli. Namun, hal ini tidak berlaku bagi mereka yang masih pemula. Apalagi sekarang ini ada banyak penjual nakal yang menjual jaket kulit imitasi namun mengatakan bahannya asli.

Jika ditelisik, kulit domba, sapi maupun kambing asli memiliki ciri yang membedakannya dengan kulit sintetis. Beberapa hal seperti di bawah ini dapat menjadi panduan bagi Anda yang ingin membeli jaket kulit asli namun masih ragu dengan keasliannya.

Membedakan Ciri Jaket Kulit Domba Asli

1. Aroma

Aroma Jaket Kulit

Satu hal yang pasti dan tidak akan dapat tergantikan dari sebuah kulit asli adalah aromanya yang khas. Hal ini dikarenakan kulit binatang sebelum dapat dibentuk harus diolah terlebih dahulu dan melalui proses tanning atau penyamakan.

Dalam proses ini digunakan bahan-bahan yang dapat mempengaruhi aroma kulit. Aroma ini tergantung dari bahan yang digunakan. Jaket akan berbau seperti krom jika bahan penyamakan yang digunakan adalah krom. Demikian pula jika jaket menggunakan bahan minyak, maka aroma khas minyak juga akan menyeruak dari jaket kulit Anda.  Berbeda dengan kulit asli, jaket kulit sintetis akan berbau karet sesuai dengan material utama pembuatannya.

Walaupun aroma khas adalah ciri khusus yang hanya dimiliki jaket kulit, namun tidak semua orang menyukai bau tersebut. Maka untuk menghilangkannya, Anda dapat menggunakan kertas koran dan bungkus jaket baru menggunakan kertas koran tersebut selama beberapa hari. 

2. Aksesoris

Aksesoris Jaket Kulit

Jaket kulit merupakan barang premium yang berharga mahal. Dengan demikian, tidak mungkin aksesoris yang menempel pada badan jaket menggunakan aksesoris murahan, karena pasti akan merusak tampilan jaket kulit.

Maka, hal ini dapat menjadi pertimbangan Anda ketika akan membedakan jaket kulit asli dengan yang palsu. Umumnya, benang nilon digunakan untuk membuat jaket kulit asli karena menimbulkan efek mengkilap yang menambah kecantikan jaket.

Selain itu, untuk urusan resleting pun tidak main-main. Umumnya pengrajin menggunakan jenis YKK original. Sedangkan untuk bagian furing atau lining, jenis yang biasa dipakai untuk jaket kulit asli adalah Dormeuil England. Hal ini dikarenakan jenis ini memiliki tekstur yang halus dan lembut sehingga tidak panas ketika digunakan.

3. Garansi

Garansi Jaket Kulit

Sama seperti barang mewah lainnya, jaket kulit yang asli pasti juga memiliki garansi yang diberikan oleh pengrajin atau toko yang menjualnya. Garansi yang dimaksudkan bisa bermacam-macam. Salah satu yang paling populer adalah garansi keaslian. Jika Anda mendapatkan jaket tersebut adalah jaket dengan kulit palsu, maka Anda akan mendapatkan kembali uang pembelian secara 100%.

4. Berat

Berat

Jika Anda membeli jaket kulit di pengrajin lokal, maka Anda akan dengan mudah menemukan perbedaan antara jaket kulit asli dengan imitasi. Hal ini dapat dilihat dari beratnya. Umumnya, jaket kulit asli memiliki bobot yang lebih berat dibanding imitasi. 

Hal ini dikarenakan pengrajin lokal hanya memakai jenis kulit utuh atau full grain leather. Ini berbeda dengan pengrajin luar yang lebih memilih kulit yang sudah mengalami proses lanjutan seperti buffed, sanded maupun split. Maka lebih sulit membedakan jaket kulit asli import dengan imitasi karena beratnya yang hampir mirip.

5. Ketebalan

Ketebalan Jaket Kulit

Seperti yang disebutkan diatas, jaket kulit asli pastilah berat. Hal ini karena bahan kulit bisa cukup tebal yaitu sekitar 0,6 – 0,7 mm. Ukuran ini biasanya digunakan untuk jaket kulit untuk pemakaian fashion biasa. Namun, jika untuk jaket motor, pengrajin akan menggunakan kulit yang lebih tebal, bisa mencapai 1 mm. 

Untuk bisa melihat ketebalan dari jaket kulit yang akan Anda beli tentu tidak dapat menggunakan mata telanjang. Anda harus mempersiapkan alat ukur, bisa berupa penggaris atau meteran kain untuk mengukurnya. Memang cukup sulit, tetapi ini dapat menghindarkan Anda dari mendapatkan jaket kulit imitasi.

6. Menyesuaikan Suhu

Menyesuaikan Suhu

Inilah kelebihan dari jaket kulit. Pada saat cuaca dingin, jaket kulit mampu menyimpan panas tubuh sehingga Anda akan tetap terasa hangat. Namun, Anda tidak akan merasa pengap karena pori-pori kulit pada jaket yang terjaga, berbeda dengan kulit imitasi. Sebaliknya, jika udara sedang panas, jaket kulit menjaga kelembaban kulit dan membuat Anda akan tetap terasa sejuk. Jadi bisa dipastikan bahwa jaket ini cocok digunakan untuk semua situasi. 

7. Pola Tekstur

Pola Tekstur Jaket Kulit

Pola pada jaket kulit asli pasti tidak teratur. Hal ini wajar karena kulit asli memang memiliki corak dan tekstur yang tidak sama untuk membedakan tiap binatang. Selain itu, pada kulit asli akan nampak pori-pori yang tidak ada pada kulit imitasi. 

Namun, hal ini tidak dapat dilakukan dengan mata telanjang. Anda harus menggunakan kaca pembesar untuk melakukannya. Jika Anda mendapatkan tekstur permukaan kulit yang sama rata, maka bisa dipastikan jika jaket tersebut menggunakan kulit imitasi.

8. Cek Serabut Kulit

Cek Serabut Kulit

Coba periksa celah jahitan yang ada pada jaket kulit Anda. Bagian yang paling mudah untuk dicek adalah pada pangkal jahitan. Jika di bagian tersebut terdapat serat serabut yang berbentuk mirip dengan daging yang mengering, maka bisa dipastikan jaket tersebut adalah jaket kulit asli.

9. Cek Sambungan Jaket

Cek Sambungan Jaket

Setelah itu, cara selanjutnya untuk melihat ciri jaket kulit domba asli adalah melihat pada sambungan di area lengan. Jika terdapat kerutan pada sambungan tersebut, maka bisa dipastikan jaket yang Anda akan beli adalah jaket kulit asli. Hal ini dikarenakan ada bagian halus dan kasar yang normal ada pada bagian kulit asli, yang tentu tidak dapat dipisahkan. Jika dijahit maka bisa menimbulkan kerutan.

10. Lakukan Pengujian Sederhana

Lakukan Pengujian Sederhana

Tes pertama yang dapat Anda lakukan adalah tes elastisitas. Jaket kulit yang asli pasti memiliki tekstur yang lentur sehingga dapat ditarik ke atas-bawah maupun kiri-kanan dengan mudah tanpa membuatnya terlihat retak. 

Tes kedua yang dapat dilakukan adalah tes api. Ada dapat menyalakan api di dekat permukaan kulit jaket selama beberapa lama. Jaket kulit yang asli tidak akan terkelupas walaupun permukaannya terkena panas dari api. 

Disclaimer : Untuk tes dengan menggunakan api ini tidak boleh Anda lakukan di toko karena akan menyinggung atau bahkan membuat kerusakan di toko tersebut. Metode ini baru bisa Anda gunakan jika memang sudah yakin bahwa kulit tersebut adalah asli. Saat mengujinya dengan api maka harus menemukan celah yang tidak terlihat agar tidak merusak produk. Caranya adalah dengan mendekatkan api ke area yang telah ditentukan sekitar 5 hingga 10 detik saja.

11. Harga

Harga Jaket Kulit

Cara mengecek keaslian dari jaket kulit yang terakhir adalah perihal harga. Sayangnya, banyak yang mengabaikan hal ini karena memburu harga yang murah. Padahal seperti Nenek Moyang mengatakan “Ada harga ada rupa”.

Artinya, barang dengan kualitas yang baik pasti akan memiliki harga yang tinggi. Memang besaran harga ini bisa berbeda pada tiap pengrajin atau penjual, tetapi tidak akan berbeda terlalu jauh. Tentunya karena harga jual yang terlalu murah akan merusak pasaran.

Maka, jika Anda mendapatkan penjual yang menjual jaket kulit asli dengan harga murah yang tidak masuk standar, bisa dipastikan hal tersebut adalah bohong belaka.

Dengan mengetahui ciri jaket kulit domba asli, Anda tidak akan keliru memilih dan tertipu dengan kulit imitasi. Untuk menghindari mendapatkan jaket kulit dengan kualitas yang buruk, maka Anda dapat membelinya di tempat yang sudah terpercaya.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments