Termudah, Cara Merawat Tas Bahan PU Leather!

Termudah, Cara Merawat Tas Bahan PU Leather!

Tas bahan kulit harus dijaga karena kesan mewah yang harus dipertahankan. Salah satu bahan kulit yang harus dirawat yaitu bahan PU Leather. Cara merawat tas bahan PU Leather ini bisa dibilang cukup mudah dengan menggunakan bahan alami sehingga tidak berbahaya bagi tas Anda.

Tas bahan ini merupakan tas dengan jenis bahan kulit sintetis yang sangat menyerupai kulit asli. Dilihat dari karakteristik dan ciri-cirinya sangat sama.

Apa itu Bahan PU Leather ?

Apa itu Bahan PU Leather

PU Leather ini merupakan bahan dengan serat sintetis yang banyak digunakan dan terbuat dari poliuretan. Biasanya produk yang menggunakan bahan ini adalah sepatu, dompet, sofa, dan tas kulit pastinya yang sering digunakan oleh orang-orang.

Karakteristik dari bahan PU ini lebih menonjol dibandingkan dengan jenis bahan kulit sintetis lainnya. Oleh sebab itu, banyak yang menyukainya. Untuk beberapa karakteristik yang perlu Anda ketahui, yaitu:

  • Model sangat ringan serta memiliki pori-pori rapuh sehingga tas bisa bernafas jika dibandingkan seperti jenis bahan PVC atau vinyl yang memiliki serat rekat.
  • Lebih fleksibel serta lentur jika berada pada suhu ruangan.
  • Sifat alaminya lentur dan fleksibel pada suhu rendah sehingga tidak mudah pecah pada permukaannya.
  • Sayangnya, tidak tahan oleh panas dan kelembaban sehingga harus memiliki suhu yang pas untuk memakai maupun menyimpannya agar tidak mudah rusak serta lebih menjaga kualitasnya.
  • Tidak tahan pada api, jauhkan dari api karena tas juga mudah terbakar.
  • Tas dengan bahan PU Leather tidak membutuhkan pemlastis kimiawi sehingga lebih ramah lingkungan jika dibandingkan dengan bahan kulit vinyl atau sintetis lainnya.
  • Daya tahannya dalam kondisi tekstur sangat baik, fleksibel, serta warna akan turun seiring berjalannya waktu sehingga untuk menjaganya memerlukan cara yang benar. 

Jika melihat karakteristiknya, maka bahan PU Leather untuk tas ini lebih menarik untuk digunakan karena kesannya masih elegan. Bahan ini pun memiliki beberapa kelebihan yang bisa Anda dapatkan, pastinya tak kalah dengan kelebihan yang dimiliki tas dari kulit asli, yaitu:

  • Harga lebih murah dibandingkan kulit asli karena merupakan bahan sintetis yang tidak akan habis.
  • Mudah dibersihkan karena tidak menyerap air serta cepat kering sehingga jika kotor bisa dibilas dengan mudah.
  • Pewarnaannya bisa menyesuaikan keinginan karena mudah menyerap warna menjadi cantik sesuai dengan trend di pasaran.
  • Meskipun bahan sintetis namun memiliki ketahanan yang baik saat berada di udara terbuka karena tidak akan kering dan kaku. Dengan begitu, kualitasnya akan tetap terjaga meskipun bertahun-tahun.
  • Dapat didaur ulang karena terbuat dari jenis plastik sehingga jika rusak tidak perlu dibuang karena bisa digunakan untuk barang lainnya.

Bagaimana Cara Merawat Tas Bahan PU Leather ?

Jika Anda memiliki tas dengan bahan ini maka perawatannya bisa dikatakan sangat mudah. Hal tersebut dikarenakan bahan dasarnya yang terbuat dari plastik sehingga cara apapun untuk membersihkannya sangat mudah.

Meskipun terbuat dari bahan plastik namun karakteristiknya lebih lembut dibandingkan dengan bahan kulit sintetis lainnya. Sayangnya, jenis kulit ini memiliki aroma yang lebih kuat sehingga berbeda dengan tas berbahan dasar kulit asli yang aromanya menyerupai kulit.

PU Leather bahkan diklaim bahwa bahannya paling awet di antara tas bahan kulit sintetis lainnya. Meskipun begitu, perawatan yang baik harus Anda berikan agar menjaga ketahanannya dan tetap memiliki kualitas juara.

Jika Anda ingin merawat tas kulit PU Leather Anda maka bisa mengikuti cara-cara di bawah ini, yaitu:

1. Menyimpan di Tempatnya

Menyimpan di Tempatnya

Menyimpan tas pada tempat yang tepat adalah salah satu kunci untuk merawat tas Anda. Jika Anda memiliki tas dengan bahan PU Leather maka penting untuk menyimpannya di tempat tertutup atau bahkan bisa disimpan pada dustbag.

Saat Anda ingin menyimpannya di lemari tertutup boleh saja. Akan tetapi, lebih baik jika menggunakan silica gel agar kelembaban ruang pada lemari tersebut bisa diserap dengan baik.

2. Membersihkan Noda

Membersihkan Noda

Membersihkan noda adalah salah satu hal mutlak yang harus dilakukan. Setiap kali ada noda yang menempel maka alangkah lebih baiknya jika dibersihkan menggunakan sapu tangan atau tisu. Jika membutuhkan air maka jangan cukup tisu yang dibasahi air untuk mengelapnya.

Hal tersebut ditujukan agar kualitas tetap terjaga pada permukaan tasnya. Selain itu, menghindari noda menempel lebih lama.

3. Mencuci Secara Benar

Mencuci Secara Benar

Mencuci tas pastinya harus dengan cara yang benar. Penting untuk mengetahui bahwa jangan mencuci tas menggunakan detergen dan direndam meskipun hanya dengan air. Kemudian, pantangan lainnya yaitu dilarang untuk menjemur dibawah terik matahari.

Cara yang benar yaitu dengan mencuci tas pada bagian yang kotor saja tanpa detergen. Kemudian keringkan dengan cara di lap saja lalu diangin-anginkan di tempat yang teduh. Hindari tempat yang lembab agar kualitas tas tetap terjaga.

4. Menggunakan Cairan Sabun Bayi

Menggunakan Cairan Sabun Bayi

Sabun bayi dikenal memiliki kelembutan pada busanya bahkan tidak akan merusak bahan pakaian bahkan bahan tas PU Leather kesayangan Anda. Cara merawat tas bahan PU Leather dengan menggunakan sabun bayi adalah cara yang efektif.

Perbandingannya yaitu air bersih atau air mineral yang dicampur dengan sabun bayi adalah 8:1. Anda bisa menggunakan sabun bayi cair agar mudah untuk mencampurnya. Larutkan kedua bahan tersebut dan tuangkan cairannya pada wadah semprotan agar mudah menggunakannya.

Untuk membersihkan tas maka Anda tinggal menyemprotkan pada kain lap atau tisu. Pilihlah kain yang halus agar tidak merusak permukaan tas. Hindari menyemprotkan langsung pada noda kotoran karena akan membuat noda lebih basah dan kotor.

Lap noda yang menempel pada tas Anda secara perlahan dan searah hingga kotoran hilang. Pastikan mengelapnya dengan posisi searah dengan serat tas PU Leather Anda. Jangan sampai menabrak teksturnya karena akan merusak tas kulit Anda.

Setelah noda dirasa sudah menghilang bisa mengelap menggunakan lap kering dan bersih. Kemudian angin-anginkan tas Anda di ruangan yang sejuk. Hindari menjemurnya di bawah sinar matahari dan jangan sampai dijemur pada ruangan yang lembab.

5. Gunakan Lotion atau Pelembab

Gunakan Lotion atau Pelembab

Saat ini di pasaran banyak dijual berbagai macam lotion dan pelembab untuk menjaga tas kulit maupun tas dengan bahan PU Leather. Fungsi dari pelembab ini pastinya untuk melembutkan, melenturkan, serta menajamkan warna alami pada tas.

Jika dilakukan secara teratur minimal seminggu sekali maka akan mendapatkan kualitas tas yang diinginkan. Tetap terjaga serta warna tidak mudah pudar pastinya.

Lotion ini akan membantu merawat tas Anda dari sinar matahari, menjaga kualitas warna, melindungi dari noda membandel, membuatnya tidak mudah basah, serta menjaga kelenturan dari tas Anda.

Menjaga tas PU Leather bisa jadi lebih mudah serta akan membuat Anda senang karena menjaga barang kesayangan Anda menjadi lebih indah adalah hal yang sama sekali tidak merepotkan. Oleh sebab itu, praktekkan cara di atas untuk menjaga tas bahan PU Leather Anda.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments