7 Cara Merawat Jaket Kulit Agar Tetap Lemas yang Dapat Dilakukan di Rumah

7 Cara Merawat Jaket Kulit Agar Tetap Lemas yang Dapat Dilakukan di Rumah

Jaket kulit menjadi favorit banyak orang, terutama para pengendara sepeda motor yang beraktivitas di malam hari karena ia dapat menghangatkan tubuh dan kuat menahan cuaca malam. Sembarang merawatnya akan menyebabkan cepat kaku. Berikut cara merawat jaket kulit agar tetap lemas.

Cara Merawat Jaket Kulit Agar tetap Lemas Secara Mandiri

1. Bagaimana Cara Mencuci Jaket Kulit ?Bagaimana Cara Mencuci Jaket Kulit

Cara mencuci jaket kulit berpengaruh pada tingkat kelemasan dan kekakuannya. Salah mencuci akan membuat jaket semakin kaku. 

Jaket kulit mengandung minyak alami sisa-sisa dari tubuh hewan. Jadi jaket kulit tidak boleh direndam di dalam air.

Berarti, jaket kulit dapat dicuci dengan mesin karena tidak melalui proses perendaman sebagaimana mencuci manual? 

Direndam di dalam air maksudnya adalah memasukkan seluruh bagian jaket ke dalam air. Walaupun saat mencuci dengan mesin tidak perlu didiamkan selama 30 menit, tetapi selama proses pencucian jaket tetap terendam di dalam air, jadi tetap tidak boleh.

Cara terbaik untuk membersihkan jaket kulit adalah dengan mengusap noda menggunakan kain basah maupun tisu basah tanpa alkohol.

2. Cara Mengeringkan Jaket Kulit yang BenarCara Mengeringkan Jaket Kulit yang Benar

Apabila sudah bersih, sisa air pada permukaan jaket harus segera dikeringkan agar tidak meresap hingga ke dalam serat-serat jaket. Keringkan dengan cara diusap menggunakan kain maupun tisu basah.

Bila ternyata sudah meresap sehingga bagian dalam jaket ikut basah maka balik jaket (bagian dalam di luar), kemudian gantungkan pada hanger, jemur pada tempat yang teduh agar terkena angin, jangan jemur di bawah sinar matahari apalagi saat cuaca panas. 

Mengeringkan jaket yang basah langsung di bawah sinar matahari akan membuatnya kaku seketika. Selain tidak boleh dikeringkan dengan cahaya matahari, jaket kulit juga tidak boleh dikeringkan dengan mesin. 

Mesin pengering justru akan memberikan dampak kerusakan yang lebih parah bila dibandingkan dengan cahaya matahari karena pada mesin pengering jaket akan diputar-putar. 

Selain itu, mesin yang panas akan bersentuhan langsung dengan jaket, hal tersebut dapat membuat jaket berlubang seperti halnya pakaian yang disetrika pada suhu yang terlalu tinggi. 

3. Menghilangkan Aroma Tidak Sedap Pada JaketMenghilangkan Aroma Tidak Sedap Pada Jaket

Jaket yang dijemur di tempat teduh akan membuatnya bau tidak sedap seperti pakaian yang belum kering. Untuk menghilangkan aroma tidak sedap tersebut Anda dapat menyemprotkan parfum sebelum menggunakannya.

Akan tetapi pastikan parfum yang digunakan tidak mengandung alkohol karena alkohol dapat merusak jaket kulit serta membuat warna jaket cepat pudar. Selain itu jangan semprotkan terlalu banyak.

Semprotkan parfum pada bagian-bagian penting seperti bagian ketiak, bagian tengkuk, dan bagian pergelangan tangan jaket. 

Cara lain menghilangkan aroma tidak sedap adalah dengan menjemur jaket kulit kembali. Jemur di bawah pohon yang rindang agar jaket tetap terkena sinar matahari, tetapi panas matahari bisa dikurangi karena terhalang daun-daun pohon.

Jemur selama 10 menit saja, tidak perlu hingga jaket tercium seperti matahari. Jika aroma sedap jaket mulai hilang sebelum 10 menit maka jaket dapat langsung diangkat. 

4. Menyetrika Jaket Kulit, Apakah Boleh ?Menyetrika Jaket Kulit, Apakah Boleh

Jangan sekalipun menyetrika jaket meskipun jaket terlihat kusut. Kulit binatang sama seperti kulit manusia hanya dapat menahan panas pada suhu yang sangat rendah. 

Meskipun suhu setrika sudah diatur pada suhu terendah, jika kulit tangan manusia tidak sengaja menyentuh setrika pasti akan terasa panas dan refleks segera menghindar. Kulit binatang yang dijadikan jaket juga begitu, tidak dapat menahan panas setrika.

5. Jaket Mulai Kasar ? Haluskan dengan Cara ini !Jaket Mulai Kasar Haluskan dengan Cara ini

Jika jaket terasa mulai kasar dan kusut maka dapat dihaluskan dengan cara memberinya semir sepatu. Sesuaikan warna semir dengan warna jaket. 

Sebaiknya jangan terlalu sering memberi semir sepatu pada jaket kulit karena semir sepatu tersebut bisa menghilangkan warna alami dari jaket. Selain itu akan terlihat menggumpal di beberapa bagian jaket, membuat jaket terlihat tidak keren. 

Jika warna jaket sudah terlanjur memudar maka Anda dapat mewarnainya ulang dengan pewarna pakaian, tetapi hasilnya tidak dapat 100% akurat. 

6. Jaket Kulit Juga Butuh “Body Lotion”Jaket Kulit Juga Butuh Body Lotion

Tahukah, Anda ? Jaket kulit ternyata juga membutuhkan lotion untuk membuatnya tidak kering dan tetap luwes. Namun lotion yang digunakan tentu saja bukan body lotion yang digunakan oleh manusia.

Terdapat lotion dan pelembut khusus untuk membuat jaket kulit agar tidak kaku. Di Indonesia lotion ini akan sulit didapatkan. 

Bila jaket kulit milik Anda masih lemas maka tidak perlu bingung untuk mencari lotion ini. Namun, bila terlanjur kaku maka Anda dapat membelinya di luar negeri melalui marketplace. 

Seberapa sering jaket harus diberi lotion dan pelembut? Tergantung seberapa sering jaket digunakan. Semakin sering jaket digunakan maka ia akan semakin sering terkena cahaya matahari sehingga akan cepat kering dan kaku.

7. Kurangi Penggunaan di Siang HariKurangi Penggunaan di Siang Hari

Jika tidak ingin repot mencari lotion dan pelembut untuk jaket kulit maka sebelum jaket menjadi kaku sebaiknya hindari terlalu sering menggunakannya di siang hari agar ia tidak terlalu sering terpapar sinar UV. 

Setelah menggunakannya untuk bepergian di pagi dan siang hari, segera gantungkan jaket pada hanger, lalu simpan di dalam lemari. 

Cara Menggunakan Lotion Jaket Kulit

Jika Jaket sudah terlanjur sangat kaku maka satu-satunya cara untuk membuatnya kembali lemas adalah dengan mengoleskan lotion atau polish khusus untuk jaket kulit. Berikut langkah-langkah menggunakan lotion jaket kulit.

1. Bersihkan JaketBersihkan JaketBersihkan jaket menggunakan kain maupun tisu kering. Pastikan tidak ada debu yang menempel. 

Bersihkan dengan cara dibentangkan pada permukaan yang datar seperti tempat tidur, meja maupun lantai. Tujuan membersihkannya pada media-media tersebut sekaligus untuk menghilangkan kusut pada jaket.

2. Pastikan Jaket KeringPastikan Jaket KeringJika sudah bersih maka pastikan jaket benar-benar kering karena lotion untuk melemaskan jaket kulit mengandung minyak, sementara minyak dan air tidak akan menyatu. Jika jaket basah maka tidak ada gunanya mengoleskan lotion pada permukaan jaket. 

3. Oleskan LotionOleskan LotionBila langkah pertama dan kedua sudah dilakukan saatnya mengoleskan lotion pada jaket. Gunakan kuas yang lembut maupun kain yang kering dan bersih untuk mengambil lotion tersebut. 

Oleskan secara tipis-tipis dari satu bagian ke bagian lainnya. Bila sudah selesai, tetapi jaket masih kaku dan terlihat kusut maka dapat diulangi lagi.

Jangan langsung mengoleskan lotion terlalu banyak karena hal ini dapat membuat lotion menggumpal. 

Bila akan mengusap sisi lainnya maka gantungkan jaket pada hanger. Kemudian oleskan pada sisi yang belum diberi lotion atau polish. Jangan membalik jaket sehingga bagian yang sudah diberi lotion berada di bawah.

Sebab lotion pada jaket akan menempel pada tempat tidur, lantai maupun meja. Pastikan bahwa saat menggantungnya pada hanger tidak menempel pada tembok. 

Jika anda kesulitan mencari lotion khusus produk kulit anda bisa membelinya di webiste kami darikulit.com. selain itu kami menyediakan berbagai produk kerajinan kulit lainnya yang berkualitas dan tentunya harga yang bersaing. 

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments