12 Alat Yang Digunakan Untuk Membuat Kerajinan Kulit

12 Alat Yang Digunakan Untuk Membuat Kerajinan Kulit

Leatherwork merupakan cara yang mudah dilakukan untuk membuat sesuatu yang bahkan bertahan lama dari tahun ke tahun. Untuk membuat leatherwork ini bisa dilakukan secara mandiri atau menggunakan alat. Alat yang digunakan untuk membuat kerajinan kulit sangat beragam.

Anda bisa mendapatkannya secara mudah dan banyak yang menggunakan alat-alat sederhana sehingga bisa membuatnya sendiri di rumah.

Peralatan Dasar Untuk Membuat Kerajinan Kulit

Untuk membuat merek Anda sendiri maka pilihan tepat jika Anda membuat keterampilan barang-barang kulit. Untuk menyusun alat-alatnya maka perlu memulai usaha ini mulai dari 0 agar hasil yang didapatkan lebih terasa nyata.

Lebih jelasnya, maka alat yang perlu Anda siapkan sebelum melakukan proses pembuatan kerajinan kulit, yaitu:

1. Penggaris

Penggaris

Hal utama yang perlu disiapkan yaitu penggaris karena alat ini digunakan untuk membuat hasil yang diinginkan dengan bentuk terbaik. Anda harus mengukur kulit dengan sesuai ukuran yang ideal. Mungkin untuk ukurannya dapat dilebihi agar nanti saat memasuki proses penjahitan bisa lebih pas ukurannya.

Untuk leather khususnya handmade pada produk dompet dan tas maka penggaris cukup penting untuk hal pembuatan pola serta cutting yang sesuai keinginan. Pilihlah penggaris dengan bahan stainless stell yang cukup kokoh dengan panjang mencapai 60 hingga 100 cm.

2. Pisau Cutter dan Cutter Mat

Pisau Cutter dan Cutter Mat

Pisau cutter ini tidak boleh dilupakan karena sangat bermanfaat untuk memotong hasil dari produk kulit Anda seperti yang telah Anda gambarkan sebelumnya. Untuk menghemat pengeluaran maka Anda bisa menggunakan refill cutter atau isian cutter saja sehingga untuk rumahnya tetap satu kali beli.

Cutting mat atau alas pemotong bisa membantu dan mempermudah pekerjaan. Tak hanya itu, karena cutting mat ini sekaligus bisa membuat daya tahan pisau atau stitching hole punch lebih awet serta tahan lama. 

Dengan alas pemotong terbuat dari bahan khusus dan memiliki berbagai ukuran ini, Anda bisa jadi lebih mudah menentukan ukuran yang mau dipotong atau ditandai. Kemudian Anda bisa memilih cutting mat yang ukuran A3 hingga A1 agar cukup luas ketika bekerja dan hasil cuttingan akan lebih maksimal.

3. Kulit

Kulit

Kulit merupakan salah satu hal yang paling penting untuk membuat kerajinan ini. Pastikan Anda memilih kulit berkualitas dari hewan. Hewan-hewan tersebut yaitu seperti sapi, kambing, ular, domba, buaya, dan masih banyak lagi.

Dengan menggunakan kulit maka Anda akan bisa membuat barang-barang bermerk seperti dompet, tas, ikat pinggang, jaket, dan masih banyak lagi. Bahkan untuk menjadikan barang berkualitas Anda pastinya akan membuat Anda menjadi jutawan yang sebenarnya.

4. Benang

Benang

Benang ini bermacam-macam jenisnya. Anda harus memilih jenis benar yang tepat. Anda mungkin bisa menggunakan benang sintetis di benang alami atau benang alami saja. 

Bahkan, benang sintetis tidak akan terurai seiring waktu seperti benang urat atau kapas sehingga Anda bisa menggunakan kedua jenis benang tersebut karena kualitasnya juga tak kalah. Memastikan bahwa waktu peliharaan barang Anda akan lebih lama.

5. Gunting

Gunting

Pastinya jika ingin membuat kerajinan maka hal yang harus dipersiapkan yaitu gunting yang memang memiliki kualitas bagus. Pastinya bukan seperti gunting pada umumnya karena jenis gunting ini harus yang khusus untuk kulit.

Mengapa demikian? Karena hal tersebut akan membuat potongan berkualitas. Jika menggunakan gunting yang baik maka hasilnya juga akan baik serta akan memudahkan Anda untuk mendapatkan potongan yang Anda inginkan.

Pastikan bahwa gunting memiliki ketajaman yang baik sehingga bisa lancar untuk memotong kulit. Karena melihat bagaimana ketebalan kulit sehingga membutuhkan pemotong berkualitas baik.

6. Mesin Jahit

Mesin Jahit

Berbeda seperti tekstil, Anda tidak bisa menjahit kulit dengan akurat tanpa membuat lubang jahitan terlebih dahulu. Oleh sebab itu, untuk melakukannya maka Anda membutuhkan sebuah alat tambahan berupa pemahat untuk memberikan lubang agar mudah untuk dijahit. 

Untuk alat ini memiliki berbagai macam ukuran serta lebar cabang yang berbeda-beda. Biasanya cara menggunakannya yaitu ditempatkan di atas kulit kemudian ditempatkan di atas kulit dan dipukul dengan palu agar mampu memberikan lubang.

Kemudian, Anda baru bisa menjahitnya dengan benang sehingga akan menjadi kerajinan kulit yang diharapkan.

7. Palu Martil

Palu Martil

Palu martil adalah salah satu alat yang digunakan pada pekerjaan kulit dasar. Caranya dengan memukulkan di atas kulit seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. 

Palu ini pastinya juga khusus biasanya akan terbuat dari plastik dan memastikan bahwa pukulannya tidak akan menggores bagian kulit yang lainnya sehingga kulit juga tidak akan rusak atau tetap terjaga kualitasnya.

Anda harus memiliki satu alat ini agar lebih memudahkan dalam membuat lubang di kulit. Pastinya jangan membuat palu yang apa adanya karena akan membuat kulit lebih cepat rusak. Bahan kulit memang membutuhkan sesuatu yang baik dan halus agar mendapatkan hasil memuaskan.

8. Jarum Jahit Kulit

Jarum Jahit Kulit

Untuk menjahit barang-barang kulit Anda, jarum yang sesuai harus digunakan. Jarum yang digunakan untuk kerajinan kulit biasanya khusus. Dibuat dari jarum jahit yang memiliki warna tidak mengkilap namun kualitasnya tidak perlu diragukan lagi 

Mata jarumnya seharusnya cukup besar untuk benang lilin yang tebal yang digunakan untuk menjahit produk kulit Anda sehingga akan menghasilkan produk yang berkualitas.

9. Skiver

Skiver

Terkadang, kulit perlu ditipiskan untuk membuatnya lebih tipis untuk bagian-bagian tertentu dari proses produksi, seperti melipat. 

Skiver ini memiliki tampilan yang cukup bervariasi seperti pisau terbuka sehingga proses untuk penipisannya mudah dilakukan. Namun setiap varian pada alat ini hanya akan menggunakan pisau untuk menyamakan permukaan kulit.

10. Groover

Groover

Alat Groover ini digunakan untuk membuat lubang lurus tempat lubang jahitan bisa digunakan untuk menjahit. 

Selain itu, membuat lubang jahitan seperti itu berarti jahitan tidak akan lengket dari kulit malah mengurangi gesekan keseluruhan dan meningkatkan daya tahan produk kulit Anda.

11. Edge Burnisher

Edge Burnisher

Alat Edge Burnisher digunakan untuk membakar tepi produk kulit Anda. Menggosok pembakar di area pinggir kulit akan menciptakan gesekan yang menyambung serat tepi secara keseluruhan. Selain itu, menghasilkan lapisan yang akan lebih tahan lama sehingga tidak akan terjadi keretakan.

12. Lem

Lem

Tidak semua lem bisa digunakan dan cocok jika untuk membuat kerajinan kulit. Oleh sebab itu, Anda harus memilih jenis yang terbaik. Jenis lem yang cocok untuk kerajinan ini adalah lem fox. Sudah dipastikan karena beberapa merk lem sudah dilakukan uji coba sebelumnya.

Untuk beberapa alat yang digunakan untuk membuat kerajinan kulit di atas pastinya sudah bisa dicari dipasaran dan tidak akan kesusahan karena alat dan bahan tersebut memang sangat mudah dicari.

Beberapa alat tersebut sudah bisa Anda siapkan bahkan sebelum Anda melakukan proses untuk pembuatan kerajinan kulit. 

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments